cool hit counter

- Persyarikatan Muhammadiyah

.: Home > SD Muhammadiyah Plus

Homepage

SD Muhammadiyah Plus

SD Muhammadiyah yang dulunya HIS Muhammadiyah  meru-pakan amal usaha monumental sebagai cikal bakal perkem-bangan Muhammadiyah di Salatiga. Tempo dulu sekolah ini telah melahirkan banyak kader. Namun setelah memasuki era Orde Baru, sejak mulai tahun  80-an ketika pemerintah mengembang-kan SD Inpres sekolah tersebut mulai mundur dan secara perlahan menuju kematian karena kehabisan kurang ada animo dari masyarakat untuk menyekolahkan anaknya kesekolah tersbeut. Se-jak tahun 90-an pimpinan daerah sudah memikirkan solusinya te-tapi selalau gagal. Menyikap kondisi semacam itu akhirnya pada tahun 2002 PDM bersama para mantan pimpinan mengadakan rapat untuk mengambil keputusan di antara dua pilihan  yaitu di-tutup atau dikembangkan secara revolusioner dengan mengu-bahnya menjadi  SD Unggulan, dengan segala konsekuensi pen-danaannya. Kebijakan jatuh pada pilihan kedua, yang se-lanjutnya dibentuk Tim Pengembang Pendidikan Muhammadiyah ( Desem-ber 2002 ),  terdiri dari para tokoh Muhammadiyah dan pakar pen-didikan, yang diketuai oleh Achmadi. Dari kerja tim kemu-dian di-putuskan  SD Muhammadiyah tersebut menjadi SD Muhamma-diyah Plus.

Selanjutnya  melihat perkembangan SD Muhammadiyah Plus selama 3 tahun terakhir cukup besarnya animo dari orangtua murid untuk dapat diterima di SD Muhammadiyah Plus ini, dimana pada tahun pelajaran 2006 pendaftaran hanya dibuka selama lebih kurang 2 jam saja (sudah menolak pendaftaran), maka Tim Pengembang merasa perlu untuk mengembangkan lokasi baru yang cukup memadai.

 Alhamdulillah saat ini harapan tersebut sudah terkabul dengan membeli tanah di daerah Toga-ten, Mangunsari, Kecamatan Si-domukti, Salatiga ( sebagaimana disebutkan di atas seluas 1800 meter persegi ) dan insaya’ Allah dalam waktu dekat akan di-perluas dengan tanah yang ada disekitar lokasi seluas 180 meter persegi.

Perlu diketahui bahwa untuk biaya pembelian tanah tersebut de-ngan harga murah dari para pemilik, Muhammadiyah Salatiga te-lah mengeluarkan dana sebesar Rp. 475.000.000475.000.000,- ( 1800 meter ) dan Rp. 50.000.00050.000.000,-    ( 180 meter ). Dan di lokasi ini akan diba-ngun sebanyak 26 lokal untuk SD Muhammadiyah Plus dan 6 lokal untuk TK/BA ‘Aisyiyah 1 Salatiga ( yang memang belum memiliki gedung sendiri ) semuanya berlantai 2.

Pada Ahad, 9 Juli 2006 telah diresmikan dan dimulai pembangu-nan 6 lokal SD Muhammadiyah Plus ( dana yang tersedia untuk itu baru ada sekitar Rp. 185.000.000,- ) dan dalam waktu dekat dibangun pula Gedung TK/BA ‘Aisyiyah 1 (lengkap) berupa paket / proyek bantuan pemerintah sebesar Rp. 450.000.000450.000.000,-. Sedang-kan dana yang dihimpun dari warga dan simpatisan Muhamma-diyah baru terkumpul sebesar Rp. 77.000.00077.000.000,- lebih. Berdiri sekitar 1932 dengan nama HIS Muhammadiyah dan Direktur ( Belum Kepala SD Muhammadiyah ) pertamanya adalah  R. Muh. Djamil dari Yogyakarta. Pada saat itu murid-mu-ridnya terdiri dari berbagai agama, khususnya yang beragama Islam dan Kristen. Pada sore hari digunakan untuk Madrasah Diniyah Muhammadiyah sampai dengan tahun 1970-an.
Pewakaf tanah untuk bangunan HIS Muhammadiyah Salatiga adalah Bapak Tjitro Husodo.
Bangunan fisik SD Muhammadiyah sudah berkali-kali direha-bilitasi, baik dari dana swadana/pribadi seperti dari Bapak H. Sugiyo, Bapak H. Abdul Karim Oei Ching Hin ( Bapak dari Ibu Dr. Oen Jos Sujoso ), Bapak H. Muhadi, dan lai-lain, maupun proyek-proyek dari pemerintah khususnya Pemerintah Daerah Salatiga maupun dari Diknas. Terakhir dibongkar total untuk bangunan tingkat tahun 2002 untuk SD Muhammadiyah Plus.

Kunjungi Website SD MUHAMMADIYAH (PLUS) Kota Salatiga


Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website